Minggu, 06 Januari 2013

Amazing Derawan

Perjalanan menuju pulau Derawan, di mulai dari Airport Kalimarau di Tanjung Redep. Menempuh jalan darat menggunakan mobil menghabiskan waktu sekitar 2 jam menuju pelabuhan Tanjung Batu. Jalanan dengan aspal mulus dengan hutan yang cukup lebat dan pasir putih yang terhampar di sisi jalan merupakan gambaran pemandangan yang akan kita lewati. Tidak akan membosankan!

Sampai di kecamatan Tanjung Batu, kita menuju tempat penyeberangan. Mobil harus berhenti di dermaga ini dan kita harus melanjutkannya dengan speedboat. Waktu tempuh menuju Derawan hanya sekitar 30menit.  Air laut yang membiru dengan sebagian dasarnya yang dapat kita lihat dari atas merupakan suguhan awal dari keindahan laut di Derawan nanti. Bila sudah terlihat sekumpulan pohon kelapa yang menjulang di antara garis lautan yang terpampang di depan mata, itu tandanya kita sudah sampai di tujuan.

Speadboat akan berhenti tepat di depan kamar tempat kita menginap. Ya, ini adalah hal yang paling menarik dari beberapa hal yang menarik lainnya J
Karena dari dermaga di depan kamar saja, kita sudah bisa melihat gerombolan ikan hias dan kumpulan penyu besar yang berenang bebas.

Setelah check in di penginapan/cottage di atas laut, kita akan memulai petualangan dengan menjelajah pulau Derawan. Ada beberapa alternative yang bisa kita tempuh. Dengan berjalan kaki bersama teman-teman, sambil menikmati suasana kampung Derawan, naik Becak/bentor, ataupun dengan banana boat yang juga akan menempuh rute mengitari pulau. Semuanya seru, semuanya pantas untuk anda coba!

Setelah puas mengitari pulau, hunting photo dan berenang, kita bisa kembali ke tempat menginap. Bersantai di dermaga di depan kamar, melanjutkan aktivitas yang tidak kalah serunya, yaitu melihat penyu! Anda juga bisa turun ke air sambil membawa daun pisang sebagai alat jitu untuk memanggil penyu mendatangi anda. Ayo, penasaran ingin mencoba?

Makan malam dengan sajian seafood akan memanjakan lidah anda setelahnya. Biasanya menu ikan bakar adalah andalan di Derawan. Menikmatinya sambil memandang bintang di langit yang memantulkan cahayanya di atas air akan menambah serunya makan malam anda.

Di hari pertama tiba di Derawan, kita harus menghemat tenaga. Karena esoknya akan ada kejutan keindahan alam yang pastinya akan lebih seru ketika anda mengunjungi pulau yang lainnya. Tidur, adalah obat mujarab untuk menyiapkan tenaga. Kamar dengan kondisi bersih dan nyaman dengan fasilitas AC akan menemani anda terlelap.
Terbangun di pagi hari, berjalan menyusuri tepi pantai sambil hunting sunrise dan photo-photo dapat anda lakukan di hari ke 2. Sebelum perjalanan menyusuri pulau yang lainnya, yaitu Sangalaki, Kakaban & Maratua. Masing masing pulau mempunyai keindahan dan daya tarik tersendiri. Sangalaki misalnya, merupakan tempat yang istimewa bagi para penyu, karena di pulau inilah biasanya mereka naik kepantai untuk bertelur. Begitu pula dengan pulau Maratua yang terkenal dengan populasi Manta, sejenis ikan pari berukuran besar yang bisa kita lihat hanya dari kedalaman 3,5meter dari permukaan laut. Dan, yang paling seru adalah ketika kita bisa bermain dan berenang bebas bersama ubur-ubur tidak menyengat yang ada di pulau Kakaban!
Ayo, sama -sama kita explore semuanya! dari Derawan hingga pulau Maratua!